Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Manajemen Stress


Dalam mata kuliah Keterampilan Interpersonal tanggal 18 November 2010 yang lalu, kita mempelajari tentang Manajemen Stress. Mungkin mata kuliah itu pas sekali untuk para mahasiswa yang baru memasuki dunia perkuliahan. Perbedaan yang sangat mencolok selepas dari masa SMA menuju masa perkuliahan yang begitu menyeramkan. Selain itu pastilah setiap manusia tidak lepas dari masalah pribadi. Sehingga dari situlah timbul apa yang disebut dengan stress. Menurut bahasanya, stress merupakan sebuah tekanan.


Tekanan itu asalnya bisa dari dalam diri seseorang maupun dari luar. Contoh dari stress yang berasal dari luar adalah stress dengan masalah keluarga, masalah kuliah atau masalah lainnya. Sedangkan stress yang berasal dari dalam misalanya stress karena gagal meraih cita-cita. Apabila kita stress kita terkadang bingung tentang apa yang harus kita lakukan. Tak cukup dengan itu, biasanya orang yang stress juga memiliki tingkat emosional yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak mengalami stress. Itu merupakan salah satu ciri orang yang stress.

Sedangkan berdasarkan definisi kerjanya, pengertian dari stress adalah suatu tanggapan adaptif, ditengahi oleh perbedaan individual dan atau proses psikologis, yaitu suatu konsekuensi dari setiap kegiatan ( lingkungan ), situasi atau kejadian eksternal yang membebani tuntunan psikologis atau fisik yang berlebihan terhadap seseorang. Stress itu tidak selalu berdampak negative. Menurut sebuah penelitian, stress dalam kadar yang cukup justru bisa memperbaiki kinerja kita.hal ini justru berbanding dengan pemikiran orang selama ini. Banyak anggapan bahwa stress dapat dihubungkan dengan hal-hal yang negative seperti bunuh diri atau gila. Itu semua salah besar. Kita ambil contoh saat ada seorang lelaki yang akan menikah, laki-laki tersebut mengalami stress sebenarnya. Tapi karena itu adalah peristiwa yang sakral dan berbahagia, jadilah itu sebagai sebuah stress yang positif.



Maka dari itu, supaya kehidupan kita terkoordinasi dengan baik, seharusnya kita untuk bisa memanajemen stress kita dengan baik. Mengapa demikian? Kita memanajemen stress dengan baik supaya kita memiliki kadar stress yang pas sehingga kita dapat memiliki kinerja yang terbaik. Memajemen stress bukanlah hal yang sulit. Memanajemen stress merupakan suatu keharusan untuk kita yang memiliki sering tertimpa stress.
Kalau dari saya pribadi, biasanya saya memanajemen stress saya dengan melakukan apa yang menjadi favorit dan hobby saya. Karena saya hobby untuk jalan-jalan, jadi setiap saya merasa penat dan stress, saya meluangkan sedikit waktu saya untuk pergi berjalan-jalan. Selain itu, karena saya juga sering bermain games, saat setelah ujian ataupun tugas-tugas selesai, saya menyempatkan untuk bermain games. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kesetresan saya.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar