Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Semangat tuk Mahasiswa!


Apabila kita mendengar kata mahasiswa, bayangan yang terbersit dalam pikiran kita adalah mahasiswa itu penuh dengan kekritisan pikiran. Namun dibalik kerkritisan itu semua ada yang bermanfaat atau tidak? Jika ditelisik lagi lebih dalam mengenai mahasiswa, mahasiswa sendiri memiliki peran yang cukup membantu bagi kehidupan berbangsa bernegara. Mahasiswa memiliki peran sebagai Iron Stock. Maksud disini adalah iron diartikan sebagai sebuah besi. Kita tahu bahwa besi memiliki kekuatan yang lebih. Disini dianalogikan mahasiswa memiliki dedikasi yang tinggi dalam menyumbangkan pikiran dalam kehidupan berbangsa Negara. Mahasiswa sudah dianggap dewasa dan memiliki pemikiran yang tajam. Tetapi dalam mewujudkan itu semua tidaklah dilakukan dengan cara yang mudah. mengajukan sebuah pendapat kritik ataupunsaran juga harus dengan cara yang elite. Misalnya saja dengan mengirimkan surat ataupun ataupun email ke pihak terkait. Tanpa kita melakukan tindakan keras ataupun anarkis. Hal ini bisa memperbaiki citra mahasiswa di mata masyarakat.




Yang kedua adalah peran mahasiswa sebagai moral force. Moral force yang dimaksudkan disini adalah mahasiswa dapat menjadi panutan yang baik bagi masyarakat. Mahsiswa dapat mencontohkan segala sesuatu yang baik. Mulai dari perilaku, hingga tata karma. Mahasiswa diharapkan menjadi cikal bakal penerus di sebuah Negara. Maka dari itu, seharusnya mahasiswa lebih diharapkan untuk mengembangkan soft skill mereka masing-masing agar moral foce ini bisa tersalur dengan baik kepada masyarakat. Jadi ada feedback antara masyarakat dengan mahasiswa.
Yang ketiga adalah mahasiswa memiliki peran sebagai social control dimana mahasiswa betugas mengkontrol apa yang sedang terjadi dalam pemerintahan. Misalnya saja pelengseran presiden Soeharto oleh mahasiswa. Tidak Cuma itu, mahasiswa juga mampu membaca peristiwa yang santer dibicarakan oleh khalayak umum. Oleh karena itu mahasiswa harus bisa mengendalikan dirinya. Jangan sampai mudah terpengaruh oleh dunia luar. Dan juga jangan sampai terhasut oleh bisikan dari beberapa kalangan yang ada.
Yang keempat adalah mahasiswa memiliki peran sebagai Agent Of Change. Agent of change disini diartikan sebagai orang yang diharapkan bisa mengubah keadaan sekitar. Mengubah keadaan sebuah Negara menjadi lebih baik dibutuhkan usaha yang sangat ekstra. Disini mahasiswa harus memiliki tekad yang kuat untuk mewujudkan itu semua. Peran mahasiswa memanglah tidak mudah. untuk mewujudkan keempat itu, dibutuhkan tekad yang bulat untuk mewujudkan masyarakat yang madani dan bangsa yang kondusif. Oleh karena itu kita satukan tujuan untuk meraih masa depan negara yang cerah. Kita ingat bahwa perjuangan bangsa Indonesia tidaklah pendek. Perjuangan bangsa Indonesia begitu rumit. Maka dari itu kita harus bisa melanjutkan pembangunan Negara ini. Kita satu padukan visi misi untuk Negara kita yang lebih baik. VIVAT !!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar