Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Amazing Race: Nawar bemo sampai ngamen di jalanan



            Pada hari Sabtu, tanggal 8 Januari 2011 merupakan sebuah tanggal yang unik dimana saya melakukan sebuah kegiatan yang sangat menarik dan berkesan. Pada hari itu, saya dan teman-teman saya mengikuti Final Project Mata Kuliah Keterampilan Interpersonal. Dari awalnya sudah terjadi huru hara karena kita semua disuruh untuk datang pagi. Jam 6 pagi harus sudah berada di jurusan. Saya tergabung ke dalam kelompok Pelangi dengan jumlah anggota 14 orang. Sebelumnya kami telah diberitahu kalau Final Project ini akan berupa amazing race. Dimana kita harus menyelesaikan clue dengan keadaan yang telah ditentukan.

            Kelompok saya tergolong kelompok yang on time. Saya kaget sekali ketika ada peraturan yang harus dilaksanakan, antara lain tidak boleh membawa uang, hp, ataupu ATM. Kita hanya diperkenankan untuk membawa bekal secukupnya dan alat tulis serta notes. Itu sangat tersiksa menurut saya. Hehehe :)

            Karena kelompok Pelangi sudah lengkap dan on time, kelompok kami berangkat dan mendapat tugas lebih dulu. Perwakilan kelompok mengambil petunjuk kita akan pergi kemana. Setelah menunggu, kelompok Pelangi mendapatkan tugas untuk pergi ke Masjid Al Falah jalan Raya Darmo. Kita sekelompok hanya diberi uang 75 ribu dan harus bisa sampai di jurusan pukul 07.00. Kami berunding bagaimana caranya pergi kesana dengan uang yang sangat terbatas. Ada 2 opsi pilihan, yang pertama kita akan numpang ke sebuah pick up atau kita mencarter sebuah bemo.
            Pukul 07.30 semua kelompok diberangkatkan. Kelompok Pelangi bergegas untuk menuju bunderan ITS. Pertama-tama ada sebuah bemo. Namun tidak kosong. Supir bemo menawarkan untuk per orang 3 ribu. Sedangkan bajet kita hanya 30 ribu. Kemudian kami berjalan menuju perempatan Galaxy Mall. Di tengah perjalanan kami menemukan sebuah bemo yang kosong. Saya langsung memanggil bemo itu dan salah satu perwakilan dari kelompok saya melakukan negosiasi dengan supir bemo. Akhirnya deal dengan harga Rp 40.000,00. Kami langsung berangkat menuju Masjid Al Falah. Perjalanan dari ITS menuju Masjid Al Falah hanya ditempuh selama 15 menit saja.
            Setelah tiba di masjid Al Falah kami mencari kakak fasilitator. Dan ternyata belum datang kami menunggu selama 10 menitan mungkin. Kemudian Mas Indro datang dan kita dikumpulkan. Kita disuruh mencari sebuah amplop dimana di dalamnya terdapat clue yang harus dipecahkan. Hint nya adalah amplop itu ada di sebuah benda yang punya kepala satu dan kaki satu. Kita berbagi tugas untuk mencari. Tidak ada 1 menit kita berhasil menemukannya. Kemudian kita buka isi amplopnya dan ternyata itu merupakan tugas yang harus kita selesaikan. Tugasnya adalah membuat sebuah topeng. Kita langsung bingung bagaimana kita mendapatkan bahan-bahannya untuk membuat itu semua. Untungnya di sebelaha masjid ada sebuah sekolah dasar. Kita Tanya kesana kemari untuk mendapatkan bahan-bahannya. Dan akhirnya kita mendapatkan bahan-bahan yang diperlukan. Karena kita sadara kalau uang kita tinggal 35 ribu, maka kita semua berinisiatif untuk mencari uang. Kita semua berpikir, kita semua harus berbuat apa. Karena letak masjid Al Falah dekat jalan raya besar, maka kita berinisiatif untuk mengamen.
            Tiba di lampu merah depan masjid Al Falah, kita menjadi grogi sekali. Banyak orang yang memandang kita semua. Tapi kita semua tetap cuek. Saya berpikir kalau jangan ngamen di tempat sepeda motor, tapi di tempat mobil saja. Saya berinisiatif seperti itu supaya kita bisa mendapatkan uang yang banyak. Dan itu pun terbukti. Kita semua mengamen di mobil-mobil mewah saja. Kami menyanyikan lagu Rek Ayo Rek dan Laskar Pelangi. Tidak tanggung-tanggung, dalam 15 menit kita mendapatkan uang 91.000. Jumlah yang sangat fantastis bukan? Saya sendiri juga kaget dengan penghasilan kita. Otomatis kita bisa balik modal dong. Setelah mengamen kami pulang dengan menggunakan bemo.
            Itu merupakan pengalaman pertama saya mengamen. Dengan Amazing Race saya tahu kalau mencari uang itu bukan perkara yang mudah. Oleh karena itu, kita harus mensyukuri keadaan kita :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar