Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cara Merawat Baterai dengan Benar


Sebuah peralatan elektronik yang portable pada saat ini umumnya menggunakan baterai sebagai energy utamanya. Misalnya saja handphone, kamera digital, laptop, dan handycam. Namun baterai ternyata membutuhkan perawatan yang tidak cukup mudah. Apabila kita salah dalam melakukan perawatan, maka baterai kita akan cepat rusak pula. Berikut ini saya ingin berbagi info tentang bagaimana cara merawat baterai agar memiliki ketahanan lebih lama.



·         Baterai baru harus diisi sampai penuh sebelum digunakan. Diperlukan siklus isi / kosongkan (charge / discharge) untuk mendapatkan kapasitas optimum.
·         Pengisian ataupun pengosongan baterai yang berlebihan dapat mengurangi usia baterai. Gunakan baterai sebelum tanda ”low”. Biasanya semua peralatan memiliki indikator bahwa baterai ”low”. Segera isi baterai sampai penuh (jangan lebih dari 12 jam).
·         Saat peralatan (laptop, camera digital, handycam, dls) tidak digunakan atau dalam keadaan stand by/off, jangan biarkan peralatan tersambung ke listrik setelah baterai terisi penuh. Hal ini dapat merusak / memperpendek usia baterai karena baterai akan diisi terus menerus.
·         Peralatan boleh di-charge bila sedang digunakan, pengisian baterai dalam keadaan demikian biasanya memerlukan waktu 2 kali lebih lama dibandingkan dengan waktu pengosongan.




    Kemudian, yang harus dihindari adalah:
    ·         Penggunaan charger (alat pengisi baterai) yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan dapat merusak baterai atau peralatan pendukungnya.
    ·         Suhu yang tinggi dapat mengurangi usia baterai.
    ·         Jangan mengisi (charge) baterai terus menerus sampai lebih dari 12 jam. Hal ini berakibat kerusakan baterai.

    Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih :)


    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Posting Komentar