Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Jamu Gendong Tradisi Indonesia

Indonesia memiliki beragam tradisi dan budaya. Tradisi dan budaya itu tidak boleh hilang karena tradisi dan budaya itu yang menyebabkan Indonesia berbeda dengan yang lainnya. Indonesia adalah Negara yang unik. Budayanya menjunjung tinggi nilai serta tak menutup kemungkinan untuk menjadikan sesuatu menajdi sakral. Salah satu tradisi dan budaya yang menjadi sentral pengamatan seseorang adalah mengenai jamu gendong.
Jamu gendong tak sekedar minuman biasa. Jamu gendong memiliki sejuta khasiat dan pembuatannya pun sangat mudah. Jamu gendong dibuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, beras, kencur, temulawak, dan lain-lain. Maka dari itu, dalam posting ini saya ingin merepost tentang macam dan khasiat jamu gendong. Cekidot!
  • Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam ini terbuat dari kunyit dan asam. Terkadang ada yang mencampurkan daun sinom juga. Jamu kunyit asam ini berguna sebagai pencegah sariawan, mengobati radang tenggorokan, untuk melancarkan haid, dan untuk perawatan bagi orang yang hamil muda.



  • Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur ini dibuat dari beras dan kencur. Terkadang dicampuri bahan lain seperti biji kapulaga, buah asam, kunci, kunir, jeruk nipis, gula putih+merah, dan lain-lain. Pengolahannya cukup mudah yaitu beras ditumbuk sampai halus. Kemudian, kedua bahan ini dicampur dan diambil sarinya. Manfaatnya sangat banyak sekali, salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati pegal-pegal.


  • Jamu Sinom

Jamu sinom ini bahan-bahannya sama dengan kunyit asam. Namun perbedaannya terletak pada sinomnya. Jamu sinom ini memiliki berbagai manfaat seperti  untuk mendinginkan perut, untuk mencegah sariawan, dan sebagai minuman penyegar.




  • Jamu Pahitan

Jamu pahitan ini terbuat dari sambiloto. Tapi terkadang juga ditambahkan dengan brotowali dan babakan pule. Jamu ini rasanya sangat pahit. Cara membuatnya cukup rebus saja bahan yang ada kemudian angkat setelah air rebusan berkurang menjadi setengahnya. Manfaatnya sangat banyak, seperti untuk mencuci darah, mencegah kolesterol, mengurangi bau badan, mengobati gatal-gatal, dan menambah nafsu makan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar