Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Allah itu Tuhanku



Menurut Al-Qur'an sendiri, pengakuan akan Tuhan telah ada dalam diri manusia sejak manusia pertama kali diciptakan (Al-A'raf [7]:172). Ketika masih dalam bentuk roh, dan sebelum dilahirkan ke bumi, Allah menguji keimanan manusia terhadap-Nya dan saat itu manusia mengiyakan Allah dan menjadi saksi. Sehingga menurut ulama, pengakuan tersebut menjadikan bawaan alamiah bahwa manusia memang sudah mengenal Tuhan. Seperti ketika manusia dalam kesulitan, otomatis akan ingat keberadaan Tuhan. Al-Qur'an menegaskan ini dalam surah Az-Zumar [39]:8 dan surah Luqman [31]:32.

Al-Anbiya 92 menjelaskan bahwa sesungguhnya agama yang diturunkan Allah adalah agama tauhid. Oleh karena itu seharusnya manusia menganut suatu agama, tapi mereka telah berpecah belah. Mereka akan kembali kepada Allah, dan Allah menghakimi mereka. Berikutnya surat Al-Ikhlas 1-4. “katakanlah : Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah tuhan yang bergantung pada-Nya segala sesuatu Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakan dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”
Selain berdasarkan Al-Quran , salah satu hadist juga menerangkan tentang konsep ketuhanan: “Tidak seorang pun yang lahir kecuali dilahirkan dalam keadaan fitrah, maka ibu bapaknyalah (yang akan berperan) menjadikan anak itu menjadi seorang Yahudi, atau Nasrani, atau Majusi…” (H.R. Bukhari dan Muslim)
Hadist tersebut menjelaskan bahwa fitrah bertuhan yang dibawa manusia sejak sebelum lahir itu barulah merupakan potensi dasar yang harus dipe¬lihara dan dikembangkan. Apabila fitrah tersebut tertutup oleh beberapa faktor luar, manusia akan lari dan menentang fitrahnya sendiri. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyatakan betapa besarnya peran orang tua dalam memelihara dan mengarahkan fitrah tersebut supaya tetap dalam keislamannya
            Akhir kata, Allah itu ada. Tanpa Allah, semua pasti akan binasa. Tanpa Allah, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Hanya kepada Allah lah sesungguhnya kita meminta dan memohon.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar